Skip to main content

Menelusuri Kehidupan Lebah

Lebah merupakan sekelompok serangga yang besar yang dikenal karena hidupnya berkelompok dengan serangga – serangga lain, meskipun semua lebah tidak bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam golongan atau suku familia  Apidae (serangga bersayap selaput). Sebagai makhluk serangga lebah mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap, Sebagai rumah tinggalnya lebah biasanya membuat sarang  di atas bukit, di pohon kayu dan pada sisi atap rumah. Sarangnya dibangun dari bahan- bahan yang dikumpulkan oleh lebah dari bunga, daun muda, dan pucuk tumbuh-tumbuhan serta kulit pohon, yang kemudian dicampur dengan enzim serta kelenjar yang tedapat pada tubuh lebah.  Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari. Di perkirakan didunia terdapat 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali di benua Antartika.
Dalam suatu kelompok lebah terdapat tiga kasta yaitu:
a.    Lebah ratu: berjenis kelamin betina merupakan induk dari semua lebah dari satu koloni, setiap koloni hanya mempunyai satu ratu lebah.
b.    Lebah betina: dikenal sebagai lebah pekerja yang jumlahnya mencapai 30.000 ekor lebah dan yang bibit unggul jumlahnya bisa mencapai 60.000 ekor lebah.
c.    Lebah Jantan: Jumlahnya hanya ratusan ekor saja.


Tugas Tugas Lebah

Kemudian dalam setiap kasta mempunyai tugas masing-masing dalam kelompoknya.
Tugas ratu lebah ialah, bertelur selama hidupnya, lebah ratu berkelamin betina ini hanya satu kali  melakukan perkawinan dalam seumur hidupnya. Perkawinan ini dilakukan dengan cara lebah ratu terbang tinggi diangkasa dan pejantan yang dapat mengejarnya dapat mengawini sang ratu lebah, lebah jantan yang dapat mengawininya tak lama kemudian akan mati, karena testis sang jantan akan tertanam didalam ovarium lebah ratu. Lebah ratu yang aktif dapat menghasilkan kira-kira 2000 telur serhari, makanan ratu lebah ialah sari madu (royal jelly) harapan hidup ratu lebah hingga tiga tahun.
Tugas lebah pekerja, berkelamin betina ini ialah mengumpulkan makanan serbuk sari dan nectar. Madu merupakan hasil pengolahan nectar dalam perut lebah kemudian dimuntahkan kembali untuk makanan cadangan. Dan ada juga lebah betina yang tugasnya membersihkan sarang, merawat telur dan anak-anak lebah, harapan hidup lebah pekerja ialah tiga bulan.
Perbedaan ratu lebah dan lebah pekerja berkelamin betina ialah, untuk ratu lebah dari telur mulai menetas hingga menjadi dewasa makananya adalah royal jelly. Sedangkan untuk lebah pekerja berkelamin betina dari mulai telur menetas hingga menjadi dewasa makananya hanya madu biasa bukan royal jelly.
Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu muda yang masih perawan jika akan membentuk koloni baru dan akan mati setelah kawin. Lebah jantan merupakan lebah dari telur tak terbuahi yang diberi makanan nektar dan madu biasa (bukan "royal jelly"). Jumlah lebah jantan ini jumlahnya hanya ratusan.

Siklus Hidup Lebah
Lebah menjalani metamorfosis yang lengkap ("holometabola") sehingga terdapat empat tahap bentuk kehidupan yaitu:
1.   telur;
2.   larva (bentuk ulat)
3.   pupa (kepompong);
4.   imago (lebah dewasa).

Telur yang menetas akan menjadi larva. Pada tahapan ini, lebah pekerja akan memberi larva makanan berupa serbuk sari, nektar, serta madu. Sebagian nektar yang dikumpulkan oleh lebah pekerja disimpan sebagai madu. Setelah beberapa hari, larva berganti menjadi pupa dan seterusnya menjadi anak lebah.
Nah kalian sudah tahu kan bagaimana kehidupan lebah.
Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.