Friday, April 17, 2015

Bagian bagian Rangka Atap Serta Fungsinya (2)

Infomedia Digital - Bagian bagian Rangka Atap Serta Fungsinya, Dalam proses pembuatan dan pembangunan kontruksi atap komponen  bangunan yang paling vital ialah kuda - kuda, karena bagian ini adalah penopang induk yang harus kuat dalam tahap pembuatannya, maka dari itu sebelum mengetahui tahap pembuatan kuda - kuda itu sendiri ialah mengetahui bagian kuda - kuda serta fungsinya, karena hal ini sangat penting maka anda harus cermat dan memahami,
Rangka Atap


berikut adalah ulasan bagian kuda - kuda:
  1.  Kaki kuda - kuda: kaki kuda - kuda ini berfungsi sebagai tumpuan balok gording dan beban diatasnya. selain itu kaki kuda - kuda dibuat dengan batang miring yang menunjukan sudut kemiringan atap itu sendiri, dalam proses pengukuran kaki kuda - kuda ini anda harus mengetahui berapa panjang yang dibutuhkan dalam pembuatan kuda - kuda hal ini dilakukan agar sudut kemiringan atap tidak salah.
  2. Balok datar yaitu sebuah batang tarik yang berfungsi menahan gaya horizontal yang terjadi oleh gaya yang bekerja pada kaki kuda - kuda.
  3. Balok penggantung yaitu batang tegak yang berfungsi sebagai penahan lentukan yang terjaji pada balok datar.
  4. Balok penyokong yaitu batang yang berfungsi untuk menyokong kaki kuda - kuda agar tidak melengkung oleh bebabn dari balok gording.
  5. Balok gapit berfungsi untuk menggapit rangka kuda - kuda agar tidak melentur ke samping.
  6. Usuk atau Kaso ukuran yang dipakai adalah 5/7 dan dipasang menumpu pada balok gording balok bubungan atau balok tembok.
  7. Bubungan genteng ukuran yang dipakai pada umumnya adalah 2/20 dan dipasang pada balok bubungan untuk menahan genteng karpus dan adukan perekatnya.
Dan berikut ini adalah detail - detail gambar kuda - kuda dari berbagai sudut:

Rangka Atap


Rangka atap




Perlu juga anda ketahui walaupun teknik rangka atap ini tergolong tradisional (masih menggunakan kayu) ini merupakan hal dasar jika seandainya anda ingin menggunakan rangka atap baja ringan yang lebih modern, rangka atap baja ringan adalah hal yang praktis dalam proses pembangunan dan terlebih bebas dari serangga, selain itu harga baja ringan tergolong lebih hemat dibandingkan rangka atap menggunakan kayu.