Skip to main content

Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap

Infomedia DigitalCara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap, Pekerjaan rangka atap baja ringan adalah merupakan pekerjaan perakitan dan pemasangan konstruksi atap serta pembuatan struktur rangka atap berupa rangka batang yang berbentuk atap pelana, atap segitiga, atau atap berbentuk trapesium. rangka atap baja ringan itu sendiri merupakan bahan anti karat yang dilapisi dengan galvalum sehingga struktur atap menjadi lebih kuat dan tahan lama.
Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap
Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap
Dalam proses pembuatan struktur rangka atap berbahan baja ringan harus lebih detail dalam memperhatikan spesifikasi baja ringan tersebut, agar baja ringan yang dipasang nanti tidak mengalami kendala - kendala yang tidak diinginkan seperti patahnya rangka atap baja ringan yang tidak kuat pada saat menopang berat benda yang ada di struktur atap tersebut. Lalu spesifikasi baja ringan apakah yang baik ada dipasaran?
Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap
Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap
Baja ringan di Indonesia yang beredar terdapat dua jenis yaitu:
1. -Baja ringan profil c dengan memilki ketebalan 0.75 mm
    -dan baja ringan dengan ketebalan 1 mm untuk struktur kuda - kuda dan usuk (kaso).
2. Baja ringan profil A dengan ketebalan 0.4 mm hingga 0.7mm, yang biasanya profil jeis ini digunakan sebagai reng dalam struktur baja ringan.
dan masih ada banyak lagi profil baja ringan yang lainnya yang perlu anda ketahui. 
dan berikut ini merupakn macam - macam spesifikasi profil baja ringan yang perlu kamu ketahui sebelum memilih untuk bahan struktur rangka atap:
  • Profil UK 100 (tebal 0.55 mm, 0.75 mm, 1.05 mm)
  • Profil UK 75 (tebal 0.75 mm, 0.55 mm)
  • Profil C 75 (tebal 0.55 mm, 0.65 mm, 0.75 mm, 1.05 mm)
  • Profil C 70 (tebal 0.55 mm)
  • Reng AA (tebal 0.45 mm, 0.55 mm)
  • Reng A (tebal 0.45 mm, 0.55 mm)
  • Reng AB (tebal 0.45 mm, 0.55 mm)
  • Reng X (tebal 0.45 mm)
Cara untuk memilih spesifikasi baja ringan dan profil dimensi baja ringan tepat adalah dengan cara mengetahui kebutuhan pembuatan struktur atap yang ada dilapangan, misalnya jika anda ingin membuat rangka atap yang luasnya hanya 3 m x 4 m anda tidak perlu berbelanja rangka atap yang kualitas baja ringannya setara untuk membangun sebuah gedung pabrik. contoh penggunaan rangka atapnya yaitu:
  1. Penggunaan rangka atap dengan bentang sempit anda bisa menggunakan profil C55 dan Profil baja ringan C65.
  2. Penggunaan rangka atap dengan bentang yang lebar profil baja ringan yang harus anda gunakan ialah C75 dan C85. 
Hal diatas juga bisa anda sesuaikan dengan produksi baja ringan yang ada di lokasi anda karena ada juga pabrik yang memproduksi baja ringan dengan ketebalan C75 untuk bentangan pendeknya dan C95 sebagai bentang lebarnya. 
Untuk penguatan struktur rangka atap baja ringan menggunakan profil B sebagai rengnya. dan ada juga bahan baja ringan yang beredar dipasaran memakai profil U sebagai reng dan profil C sebagai penguatan rangka atap.

Anda tidak perlu bingung dengan semua penjelasan diatas karena semua baja ringan yang diproduksi dipasaran bisa anda gunakan sesuai keinginan, nah yang hanya anda pikirkan ialah menentukan masing - masing ketebalan dalam pembuatan struktur atap baja ringan itu sendiri. Misalnya ketebalan material baja ringan untuk kuda-kuda berkisar 0.7 - 1 mm, sedangkan untuk reng sekitar 0.4 - 0.7 mm.

Macam - macam berat baja ringan yang perlu kamu ketahui ialah
Baja ringan profil C yang biasanya digunakan untuk main truss yaitu dengan ketebalan (C 75.100) memiliki berat sebesar 1.295 kg/m, sedangkan profil C lainnya, seperti C75.75 memiliki berat 0.717 kg/m
Talang dalam (Valley gutter) memiliki berat 1.23 kg/m.

Demikianlah artikel tentang Cara Memilih Spesifikasi Atap Baja Ringan untuk Struktur Atap semoga dengan artikel ini bisa membantu. :)
Baca Juga:
 Cara Menghitung Luas Atap Rumah dan Baja Ringan
 Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan yang Aman dan Kuat
Terima kasih atas kunjunganya di www.arissaifulloh.com, jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.