Wednesday, May 27, 2015

Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat

Infomedia DigitalContoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat, rencana anggaran biaya adalah suatu perhitungan rancangan biaya proyek bangunan entah itu gedung, rumah atau apartemen, yang dibuat untuk mengetahui banyaknya biaya - biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek pembangunan tersebut. Anggaran biaya yang dibuat harus dihitung dengan cermat dan akurat dan memenuhi syarat, untuk perhitungan harga dan acuan dasar untuk membuat RAB / rencana anggaran biaya akan berbeda disetiap daerah masing - masing akan tetapi jika anda sudah mempunyai nilai Koefesien Analisa Satuan Harga akan lebih mudah menghitungnya, jika anda belum mempunyai bisa ambil disini Koefesien Analisa Satuan Harga Bahan Material. 
Dalam menyusun Anggaran Biaya dapat dilakukan dengan 2 cara berikut : 

1.ANGKA BIAYA KASAR 
Sebagai Pedoman dalam menyusun anggaran biaya kasar digunakan harga satuan tiap meter persegi (m2). sebagai contoh 
Bangunan Induk 10 X 8 = 80 m2 dikalikan harga satuan yaitu Rp Rp 2500.000/m2 maka harga total untuk membangun adalah = Rp200.000.000,-.
2 .ANGKA BIAYA TELITI 
Yang dimaksud anggaran biaya teliti adalah Anggaran Biaya Bangunan atau proyek yang dihitung dengan teliti dan cermat sesuai dengan ketentuan dan syarat- syarat penyusunan anggaran biaya. yang dibantu dengan gambar proyek gedung atau rumah yang akan dibangun dan analisa koefesien yang sudah disiapkan untuk menghitung semua bahan material yang dibutuhkan.

oke kembali ke topik utama Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat, dalam membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk gedung harus dibuat secara bertahap dalam penyusunan setiap item pekerjaan. misalnya seperti
1. Pekerjaan Persiapan

2. Pekerjaan Struktur

3. Pekerjaan Arsitektur

4. Pekerjaan Mekanikal Elektrikal dan plumbing.

5. Pekerjaan Lahan Parkir dan Jalan untuk Gedung.


Seperti yang terlihat dari gambar diatas untuk membuat rencana anggaran biaya gedung, tahapnya memang harus dilakukan seperti itu, agar perhitungannya biasa teliti dan tepat sehingga kedepannya tidak mengalami banyak kerugian yang diakibatkan dari salah perhitungan. jika anda sudah mengerti silahkan ambil data atau Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat disini perlu diingat, gunakan sebaik - baiknya file tersebut jangan digunakan untuk kegiatan memanipulasi atau kejahatan lainnya.
Demikianlah postingan kali ini Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat, semoga bisa menadi manfaat.
Baca Juga:

Terima kasih atas kunjunganya di www.arissaifulloh.com, jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^

No comments:

Post a Comment