Skip to main content

Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300

www.arissaifulloh.com - Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300, dalam dunia pekerjaan teknik sipil pekerjaan struktur beton merupakan salah satu bagian konstruksi suatu bangunan yang dibuat lebih dari satu bahan material campuran yang kemudian di buat untuk membangun struktur sehingga beton tersebut mengeras dan bisa

 menopang beban - beban yang ada. Untuk membuat campuran beton K300 yang berkualitas, perlu diperhatikan bahan - bahan material yang digunakan, karena bahan material merupakan hal yang sangat pokok untuk diperhatikan.
Cara menghitung beton k300
Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300
Dalam pengertiannya mutu beton K – 300 artinya adalah kuat tekananan beton (300) kilogram per centimeter persegi. ( setelah beton mengering selama 28 hari terhitung mulai saat pengecoran dilakukan). Untuk mendapatkan mutu beton yang kuat tekanannya sesuai yang diharapkan, dibutuhkan ketelitian pada saat menghitung komposisi material, dan pada saat proses pencampuran bahan material untuk mutu beton K300 itu sendiri, dengan begitu kualitas beton akan menjadi lebih baik, namun pada saat mulai pengadukan bahan hingga pengecoran juga penting dilakukan pengawasan agar berjalan sesuai prosedur untuk mutu beton k300 tersebut.

Pada umumnya kontraktor bangunan yang akan membuat campuran beton K300 dengan jumlah volume kubik yang besar, biasanya akan memesan readymic untuk pengecoran bangunannya, karena jika menggunakan readymic, mutu beton, dan pencampuran bahan seperti pasir, semen, split, screening, dan yang lainnya diperhitungkan meggunakan teknologi komputer modern yang sangat canggih.

Namun untuk proses pencampuran bahan material untuk beton K300 kamu bisa mnghitungnya dengan rumus dibawah ini:
Membuat 1 m3 beton mutu f’c = 26,4 MPa (K 300), slump (12 ± 2) cm, w/c = 0,52 berdasarkan Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan

Analisa harga satuan SNI 7394:2008 No.6.10

Tenaga Kerja Indeks SatuanPekerja = 1,6500 OHTukang batu = 0,2750 OHKepala Tukang = 0,0280 OHMandor = 0,0830 OH
Bahan Bangunan Indeks SatuanPortland cement = 413,0000 kgPasir beton = 681,0000 kgKerikil (maksimum 30mm) = 1021,0000 kgAir = 215,0000 Liter

Rumus diatas bisa kalian gunakan untuk membuat beton K300, agar lebih mempermudah saya akan memberikan satu contoh perhitungan:

Contoh Perhitungan:
Pak Ahmad ingin mengecor jalan yang ada didepan rumahnya sepanjang 5 meter dan lebar badan jalan 2 meter dengan ketebalan 12 centimeter.

Maka rumusnya:
5 meter x 2 meter x 0,12 cm = 1,20 M3, jadi angka 1,20 m3 ini lah yang nantinya anda kalikan dengan semua rumus diatas. Mulai dari ongkos tenaga kerja, dan perhitungan bahan bangunannya.

Demikianlah artikel ini yang berjudul Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K300, semoga artikel ini bisa menjadi manfaat untuk kalian semua.
Terima kasih atas kunjungannya di  www.arissaifulloh.com Jangan lupa untuk share artikel ini yaa.

Baca Juga:
Cara Menghitung Campuran Material pada Mutu Beton K225

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.