Skip to main content

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pekerjaan Plesteran

www.arissaifulloh.com - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pekerjaan Plesteran, pada artikel sebelumnya saya telah memposting bagaimana caranya untuk menghitung kebutuhan pasir dan semen untuk pekerjaan pasangan dinding batu bata, nah adapun kali ini artikel yang akan saya tulis masih berkaitan dengan pekerjaan dinding yaitu cara menghitung kebutuhan pasir dan semen untuk pekerjaan plesteran. untuk pekerjaan plesteran ini biasanya dilakukan atau dikerjakan setelah pemasangan dinding bata mengering, agar pasangan bata mengeras dan menempel terlebih dahulu.
cara menghitung kebutuhan pasir dan semen pekerjaan plesteran
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pekerjaan Plesteran


Untuk perhitungan kebutuhan material pasir dan semen plesteran tidak jauh berbeda dengan perhitungan kebutuhan material pasangan dinding, karna ketebalan plesteran setiap dinding itu berbeda - beda maka anda hanya mengubah volume semen dan volume pasir yang akan dijadikan adukan plesteran.
Kebanyakan dilapangan untuk pekerjaan plesteran adukan yang terlalu banyak semen atau terlalu banyak pasir akan menjadikan plesteran mudah retak sehingga plesteran dinding tidak dapat bertahan lebih lama, jika diperhitungkan dengan baik akan menyebabkan kesalahan yang tidak diinginkan. untuk mengatasi hal seperti itu maka disini saya akan memberikan cara perhitungan kebutuhan semen dan pasir untuk pekerjaan plesteran

1. Plesteran 1 PC : 6 PP, tebal 15 mm
Dalam dunia dunia bangunan rata - rata ketebalan plesteran yang banyak diaplikasikan pada rumah tinggal yaitu 15 mm atau setra dengan 1,5 cm. dalam peraturan SNI 2008 , Untuk mengerjakan plesteran dinding seluas 1 m2 membutuhkan semen (PC) 4,42 kg dan pasir (PP) 0,027 m3. apabila anda mempunyai dinding dengan panjang 8 m dan tinggi 3 m, maka dapat dihitung sebagai berikut.
Luas dinding  = 8 x 3 = 24 m2
Volume semen = 4,42 x 24 = 106.08 kg = 106.08/50kg/zak = 2.1216 zak semen
Volume pasir   = 0,027 x 24 = 0,648 m3
Perlu kalian ingat perhitungan diatas hanya untuk 1 sisi saja maka perlu dikalikan lagi menjadi 2:
kebutuhan semen = 2.1216 x 2 = 4,24 sak semen
Kebutuhan pasir = 0,648 x 2 = 1,29 m3

2. Plesteran 1 PC : 5 PP, tebal 15 mm
Dalam dunia dunia bangunan rata - rata ketebalan plesteran yang banyak diaplikasikan pada rumah tinggal yaitu 15 mm atau setra dengan 1,5 cm. dalam peraturan SNI 2008 , Untuk mengerjakan plesteran dinding seluas 1 m2 membutuhkan semen (PC) 5,18 kg dan pasir (PP) 0,026 m3. apabila anda mempunyai dinding dengan panjang 8 m dan tinggi 3 m, maka dapat dihitung sebagai berikut.
Luas dinding  = 8 x 3 = 24 m2
Volume semen = 5,18 x 24 = 124.32 kg = 124,32/50 = 2,4864 zak semen
Volume pasir   = 0,026 x 24 = 0,624 m3
Perlu kalian ingat perhitungan diatas hanya untuk 1 sisi saja maka perlu dikalikan lagi menjadi 2:
kebutuhan semen = 2,4864 x 2 = 4,97 zak semen dibulatkan 5 zak semen
Kebutuhan pasir = 0,624 x 2 = 1,24 m3

3. Plesteran 1 PC : 4 PP, tebal 15 mm
Dalam dunia dunia bangunan rata - rata ketebalan plesteran yang banyak diaplikasikan pada rumah tinggal yaitu 15 mm atau setra dengan 1,5 cm. dalam peraturan SNI 2008 , Untuk mengerjakan plesteran dinding seluas 1 m2 membutuhkan semen (PC) 6,24 kg dan pasir (PP) 0,024 m3. apabila anda mempunyai dinding dengan panjang 8 m dan tinggi 3 m, maka dapat dihitung sebagai berikut.
Luas dinding  = 8 x 3 = 24 m2
Volume semen = 6,24 x 24 = 149,7 kg = 149,7/50 = 2,9952 zak semen
Volume pasir   = 0,024 x 24 = 0,57 m3
Perlu kalian ingat perhitungan diatas hanya untuk 1 sisi saja maka perlu dikalikan lagi menjadi 2:
kebutuhan semen = 2,9952 x 2 = 5,99 dibulatkan menjadi 6 zak.
Kebutuhan pasir = 0,576 x 2 = 1,15 m3

Dari ketiga perhitungan diatas bisa kalian pilih salah satu, yang membedakan dari campuran kebutuhan semen dan pasir untuk pekerjaan plesteran ialah jumlah campuran pasirnya karna semakin sedikit jumlah pasir, maka semakin kuat dan rekatan pada dinding yang diplester.

Demikianlah postingan saya kali ini yang berjudul Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pekerjaan Plesteran, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para tukang dan teknik sipil lainnya.
Terima kasih atas kunjungan di arissaifulloh.com jangan lupa untuk share artikel ini ya. :)
Baca Juga:
Inilah Daftar Penyebab Kesalahan Perhitungan RAB
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Semen dan Pasir Pasangan Dinding

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.