Skip to main content

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen Pasangan Dinding

www.arissaifulloh.com - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen, Setiap pekerjaan bangunan pasti selalu menggunakan pasir dan semen untuk proses pembuatan konstruksi beton dan yang lainnya seperti pemasangan dinding bata, dan sebagai plesteran pada dinding tersebut.

Namun pada saat proses pencampuran pasir dan semen harus benar - benar diperhatikan dengan baik, sehingga kekuatan dari campuran semen dan semen bisa bertahan lama.
cara menghitung kebutuhan pasir dan semen
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen Pasangan Dinding
Dalam pengggunaanya pasir dan semen untuk membangun sebuah rumah juga harus perlu diperhitungkan dengan matang sehingga nantinya bahan material seperti pasir dan semen ini tidak mengalami kekurangan dan juga tidak kelebihan. untuk mengatasi masalah seperti itu dalam postingan saya kali ini akan memberikan cara perhitungan Kebutuhan Pasir dan Semen dengan sangat mudah.

Untuk memudahkan memulai perhitungan membangun rumah, kita awali dengan menghitung perhitungan kebutuhan pasangan dinding batu bata. kemudian langkah berikutnya yaitu megetahui jumlah volume, serta koefesien pasangan dinding batu bata,
Kemudian saya akan membuat contoh peritungannya seperti ini:

Pemasangan dinding batu bata 8 m x 4 m maka luasnya adalah 8 x 4 = 32 m2
Kemudian data analisa satuan harga pekerjaan pasangan batu bata per m2 yang dipakai ialah perbandingan adukan 1 semen : 5 pasir dalam 1 m2.
Jadi kita mengikuti standar SNI.
SNI 6897:2008 No.6.10 : Memasang 1 m2 dinding bata merah ukuran (5 x 11 x 22) cm tebal ½ bata, campuran spesi 1 PC : 5 PP

  • 9,68 kg semen
  • 0,045 m3 pasir pasang
  • 70 bh batu bata
Cara menghitung Kebutuhan Pasir
Dari data nilai koefesien diatas bahwasannya untuk mengetahui jumlah kebutuhan pasir untuk pasangan dinding batu bata per m2 ialah sebanyak 0,045m3/m2 x 32 m2 = 1,44 m3  jadi nilai koefesien pasir x dengan luas total pasangan dinding  maka hasilnya 1,44 m3 pasir.
Maka jika anda hendak membeli pasir ke material bangunan, maka sebutkan saja kepada penjaga toko material tersebut 1,5 m3. Atau setara dengan 1 setengah colt mobil.

Cara Menghitung Kebutuhan Semen

Pada Prinsipnya cara perhitungan sama dengan waktu mencari jumlah pasir yaitu koefisien analisa harga satuan semen pada pasangan dinding batu bata per m2 dikalikan volume luas dinding yang akan dipasang yaitu

Kebutuhan semen = 9,68 kg /m2  x 32 m2 = 309.76 kg
Jadi kebutuhan semen dalam satuan zak jika isi per kantong 50 kg maka dibutuhkan 174,24 kg : 50kg = 3,1952 zak.

Dari perhitungan diatas hal terpenting ialah mengetahui nilai koefesien dari pasir/ m2 dan nilai koefesien semen yang nantinya dikalikan dengan volume pekerjaan. sehingga jika kita sudah mengetahuii keduanya memudahkan kita menghitung pasir dan semen tersebut. Biasanya untuk orang yang lebih berpengalaman dibidangnya bisa memperhitungkan kebutuhan semen dan pasir langsung dengan memperkirakan kebutuhan langsung dilapangan proyek. namun untuk laporan tertulis nilai kebutuhan tersebut harus tetap dibukukan agar lebih teliti dan tidak mengalami kerugian material.

Kebutuhan Pasangan Batu Bata
Nah untuk kebutuhan pasangan batu bata merah, cara perhitungannya pun juga sangat mudah yaitu hanya mengalikan Volume pekerjaan pasangan bata dengan jumlah batu bata/m2 yaitu:
Kebutuha batu bata = 32m2 x 70 bh/m2  = 2240 bh batu bata.   
dan begitulah perhitungannya, untuk dizaman yang modern seperti saat ini perusahaan kontaktor besar sudah memiliki software standard khusus yang mereka gunakan sehingga pekerjaan perhitungan bisa dilaksanakan dengan cepat. Namun cara perhitungan secara manual juga masih banyak dibutuhkan bagi para tukang dan pemborong yang masih menggunakan metode perhitungan manual.

Demikianlah postingan kali ini tentang Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen Pasangan Dinding, semoga artikel ini bisa menjadikan manfaat untuk kalian semua.
Terima kasih juga atas kunjungannya di www.arissaifulloh.com jangan lupa untuk share artikel ini yaa. :)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.