Monday, August 31, 2015

Tips Mudah Cara Berhemat Listrik di Dalam Rumah Anda

www.arissaifulloh.com - Tips Mudah Cara Berhemat Listrik di Dalam Rumah Anda, Pada tahun 2015 ini listrik di Indonesia sudah mengalami kenaikan beberapa kali, sehingga membuat tagihan listrik dirumah menjadi meningkat drastis, meskipun saat ini para pengguna listrik menggunakan
sistem token menurut pengalaman saya biaya yang dikeluarkan juga tidak jauh berbeda dengan sistem listrik yang lama, pada intinya penggunaan listrik agar tagihan bisa menjadi murah, yaitu tergantung dari pemakaiannya.
Untuk menghemat listrik didalam rumah bisa kita lakukan dengan cara hal - hal  yang kecil terlebih dahulu. dan bisa menyesuaikan penggunaan antara kebutuhan dan menggunakan listrik hanya untuk hiburan semata.
tips hemat listrik rumah
Tips Mudah Cara Berhemat Listrik di Dalam Rumah Anda
Nah anda jangan merasa heran dan kaget ketika anda ingin membayar listrik ternyata nominal pembayaran berbeda dengan bulan sebelumnya karena kecerobohan dalam penggunaan listrik didalam rumah. Agar anda tidak kebablasan dalam menggunakan listrik didalam rumah alangkah baiknya anda memeriksa setiap sudut ruangan dan elektronik apa saja yang terpasang didalam rumah anda. Untuk lebih lengkapnya dalam Tips Mudah Cara Berhemat Listrik di Dalam Rumah, saya akan sedikit memberikan ulasannya yaitu:
Tips Menghemat Listrik
1. Gunakanlah listrik seperlunya saja
Hal ini bisa anda lakukan ketika anda sedang menggunakan elektronik apapun, dan sudah selesai menggunakannya anda bisa mencabutnya langsung dari stop kontaknya.
2. Gunakanlah AC pada waktu tertentu saja
Penggunaan AC didalam rumah yang terus - menerus dinyalakan akan membuat tagihan listrik anda membengkak karena asumsi listrik yang digunakan untuk menyalakan AC ( Air Conditioner) sangat besar yaitu berkisar 600 WATT untuk AC 1PK.
Jika anda ingin menegcilkan suhu pada AC jangan langsung mengecilkannya secara drastis, misalnya kondisi suhu AC diruangan anda saat ini -16c nah anda jangan langsung mengubahnya menjadi 20c, karena pada saat pergantian suhu akan memakaan listrik lebih banyak pada AC tersebut. anda bisa menurunkan suhu AC dengan perlahan dan diamkan dulu sejenak.
3. Pergunakanlah mesin cuci dirumah anda sesuai dengan kapasitas, Misalnya kapasitas mesin cuci dirumah anda hanya bisa menampung pakaian 5 kg saja, akan tetapi anda memasukan pakain kedalam mesin cuci sebanyak 8 kg, pada kondisi seperti ini mesin cuci akan mengambil daya listrik lebih besar yang akan membuat penggunaan listrik meningkat drastis.
4. Lepas charger distop kontak
Pada saat anda selesai mengecas handphone anda bisa langsung mencabut charger tersebut, karena charger pada hp anda rata - rata memiliki arus yang dikeluarkan sebesar 5 V, nah jika charger terus terpasang maka kumparan listrik didalam charger akan terus menerus menyedot listrik didalam rumah, yang akan membuat biaya listrik terus bertambah.
5. Gunakanlah TV dan Komputer dengan layar LED
Karena layar LED pada monitor dapat mengurangi asumsi listrik dirumah anda. dan jangan biarkan komputer atau televisi dirumah anda terus menyala dan ditinggal tidur.
6. Gunakanlah strika yang ada pengatur suhu otomatis
Pengatur suhu otomatis yaitu ketika seterika digunakan maka kondisi panas pada seterika tersebut akan naik, dan ketika seterika itu sedang didiamkan maka secara otomatis suhu pada seterika menurun.
7. Matikan elektronik dari pusat kabel elektronik terpasang
Karena ketika anda menekan tombol off pada alat elektronik listrik tetap terus mengalir pada elektronik dirumah anda, dan juga hindari pemasangan steker secara bertumpuk agar menghindari korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran
8. Mulailah menggunakan listrik dengan panel tenaga surya, pada zaman modern seperti ini solar panel  yang digunakan untuk menyerap energi panas energi matahari bisa digunakan sebagai sumber listrik yang mumpuni, pada rumah - rumah di negara asing sudah memulainya dengan cara memasang solar panel pada atap rumah  yang bisa menyerap energi panas matahari, mungkin untuk di Indonesia sendir masih sulit ditemukan akan tetapi kedepannya mulai bisa diterapkan disetiap rumah.

Demikianlah beberapa tips untuk hemat listrik serta cara yang bisa saya berikan semoga artikel pada awal bulan september ini bisa membantu menghemat biaya tagihan listrik dirumah anda.

Terima kasih atas kunjungannya di arissaifulloh.com jangan lupa untuk share artikel ini yaa. :)
Baca juga: