Skip to main content

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Material Pasangan Keramik

www.arissaifulloh.com - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Material Pasangan Keramik, Dalam perkembangan dunia properti yang modern jenis dan desain rumah semakin banyak perubahannya seperti halnya pada zaman dahulu penggunaan keramik lantai belum banyak diterapkan dirumah - rumah, karena minimnya pengetahuan dan bahan material keramik yang belum dibuat menjadi modern seperti pada masa modern saat ini. Keramik lantai merupakan salah satu bagian finishing pijakan dalam suatu rumah, gedung bangunan kantor dan masih banyak lagi. 

Dan pada zaman modern ini yang mana ekonomi dan perkembangan sumber daya manusia sudah mulai berkembang untuk mendapatkan berbagai jenis keramik lantai bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Material Pasangan Keramik
Karena semakin banyaknya jenis - jenis keramik dan ukurannya maka anda juga harus pintar - pintar memperhitungkan setiap item pekerjaan pasangan keramik sesuai dengan jenis keramik yang dipasang, karena pada umumnya yang terjadi dilapangan pasangan keramik dengan jenis marmer akan berbeda bahan material yang dibutuhkna dengan keramik lantai biasa yang berukuran 40 x 40.
Maka dari itu di sini saya akan memberikan bagaimana caranya untuk menghitung kebutuhan bahan material keramik lantai dengan mudah.  Sebelum anda memasuski perhitungan pasangan keramik alangkah lebih baiknya anda mengetahui beberapa teknis pelaksanaannya.

TEKNIS PELAKSANAAN
1. Jika anda mendapatkan sebuah pekerjaan pasangan keramik untuk rumah, sebaiknya permukaan lantai 1 rumah tersebut diberi rabat beton terlebih dahulu, hal ini dikarenakan untuk menghindari keretakan pada tanah urug yang mengalami penyusutan. ( hal ini tidak berlaku untuk pemasangan lantai 2 rumah tingkat)
2. Berikan urugan pasir dengan tebal 5 CM pada permukaan lantai yang akan dikeramik.
3. setelah itu anda bisa langsung memulai merekatkan keramik dengan campuran pasir dan semen.

Koefesien pasangan keramik
Gambar diatas merupakan koefesien dari pasangan keramik lantai yang di berikan dari BSN, nah dari gambar tersebut diatas anda bisa mempergunakannya dengan baik. untuk mempermudah perhitungan dan cara peggunaan nilai koefesien tersebut saya akan memberikan sebuah contoh perhitungan:

Misalnya anda memiliki sebuah item pekerjaan pasangan keramik lantai berukuran 10mx5 m akan diberi finishing keramik berukuran 30x30 cm. Berapa kebutuhan materialnya?

JAWABAN
Luas lantai = 10 x 5 = 50 m2
Luas 1 keramik = 0,3x0,3 m = 0,09 m2
kebutuhan keramik adalah 50/0,09 = 555,56 buah = 556 buah = 51 dus (1 dus = 11 buah)
Waste (buangan) = 7-8%. 7%*556 buah = 39 buah
Maka kebutuhan total keramik = 556+ 39 = 595 buah. 

Bobot waste tergantung dari tingkat kerumitan pemasangan dan banyaknya perkiraan potongan-potongan keramik.

Menghitung Jumlah semen
koefisien SNI untuk semen (PC) = 10 kg/m2. 
Luas lantai = 50 m2. 
Maka kebutuhan total = 50 m2 x 10 kg/m2 = 500 kg = 500/40 = 12,5 sak.

Menghitung Jumlah Pasir
koefisien SNI untuk semen (PP) = 0,045 m3/m2 
Luas lantai = 50 m2. 
Maka kebutuhan total = 50 m2 x 0,045 m3/m2 = 2,25 m3

Menghitung Jumlah Semen Warna/ Nat
koefisien SNI untuk semen warna = 1,5 kg/m2 
Luas lantai = 50 m2. 
Maka kebutuhan total = 50 m2 x 1,5 kg/m2 = 75 kg

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Material Pasangan Keramik, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda
Terima kasih atas kunjungannya di arissaifulloh.com jangan lupa untuk share artikel ini yaa.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.