Skip to main content

Struktur Beton Tahan Gempa berpotensi melanggar UU Perlindungan Konsumen

www.arissaifulloh.comStruktur Tahan Gempa berpotensi melanggar UU Perlindungan Konsumen, Belakangan gencar sekali propaganda tentang struktur tahan gempa pd rumah tinggal yg hendak “dipaksakan” oleh pihak-pihak tertentu lewat media facebook. Kita tidak tahu sebenarnya maksud dan tujuan propaganda tersebut, apakah memang didasari tujuan murni utk keamanan bangunan, ataukah ada agenda2 tersembunyi yg bertujuan menggiring opini publik yg berujung pd penciptaan pasar, atau malah mungkin hanya sekedar unjuk kemampuan?

Struktur Beton Tahan Gempa berpotensi melanggar UU Perlindungan Konsumen
Struktur Beton Tahan Gempa berpotensi melanggar UU Perlindungan Konsumen
Tujuan tulisan ini tak hendak bermaksud mengcounter propaganda tersebut, melainkan hanya ingin menyajikan beberapa fakta yg berkaitan dg masalah tersebut. Beberapa fakta yg saya maksud adalah:

Struktur Beton Tahan Gempa berpotensi melanggar UU Perlindungan Konsumen

1. Regulasi IMB
Jika kita mengurus IMB rumah tinggal (khususnya di DKI), hal2 yg harus dipenuhi adalah menyangkut GSB, KDB, jumlah lantai, sumur resapan, dan ruang terbuka pd bagian belakan lahan. Tidak disebutkan bahwa struktur harus tahan gempa.

2. SE bangunan tinggi
Dalam beberapa kasus, arsitek sering meng-hire structure engineer yg biasa menangani bangunan tinggi. Sudah barang tentu, peraturan2 yg biasa dipakai utk bangunan tinggi ikut terbawa pada saat mendesain struktur rumah tinggal yg kebanyakan hanya berlantai 2. Akibatnya, desain yg dihasilkan terkesan ‘over’ dibandingkan desain struktur rumah tinggal pd umumnya. Nilai rupiahnya pun bisa cukup signifikan. 

3. Undang-undang Perlindungan Konsumen
Salah satu pasal dalam UU Perlindungan Konsumen menyebutkan, dalam jual beli , penjual wajib menginformasikan hal-hal yg berkaitan dg produk yg dijualnya kepada konsumen. 
Dalam kasus transaksi konstruksi, konsumen berhak mendapatkan penjelasan tentang spesifikasi material, kualitas pekerjaan, dll (seperti tertuang dlm Gambar, RAB dan RKS), termasuk informasi ttg desain struktur (tahan gempa atau tidak). Informasi ttg struktur tahan gempa ini penting sebab perbedaan harga antara tahan gempa dan tidak tahan gempa cukup signifikan (seperti disebut dlm fakta no. 2).
Konsumen berhak menentukan/ memilih apakah rumah tinggalnya tahan gempa atau tidak, sebab hal ini tidak menjadi kewajiban (seperti disebut dalam fakta no. 1).

Baca Juga: Hal Yang Menyebabkan Bangunan Struktur Baja Roboh

Berikut contoh kasusnya?
Sekitar 5-6 th lalu seorang rekan pernah menjumpai kasus, dimana gambar struktur rumah tinggal yg hendak dilaksanakan terkesan over. Padahal desain rumah tinggalnya sederhana hanya 2 lantai, tanpa ada kantilever, split level, atau bentuk khusus yg menyebabkan harga struktur mahal. Bentang baloknya pun normal antara 3-6 meter dg sistem portal tertutup. Harusnya, desain struktur seperti ini cukup efisien. Krn dianggap agak janggal, rekan tadi minta diketemukan dg konstruktornya. Pd pertemuan tsb terungkap bahwa, angka keamanan mencapai 40%. Artinya, jika biaya struktur sekitar 500 juta, maka nilai ‘pemborosan’ bernilai 200 juta.
Ditengah proses konstruksi, entah ada masalah keuangan krn banyak perubahan dan penambahan, owner mulai mencari-cari celah utk mengurangi nilai/ harga kontrak. Hal ini jelas merugikan kontraktor dari segi finansial. Krn kontraktor pun tidak mau rugi, akibatnya kualitas finishing yg dikorbankan utk menutup kerugian. Pd ujungnya, arsitek pun dirugikan karena kualitas finishing menurun dibanding ekspektasinya. 

Jika hal tersebut dijelaskan diawal, bisa jadi owner akan memilih struktur biasa. Dana 200 juta dapat dimanfaatkan utk membayar biaya pekerjaan tambah-kurang tanpa merugikan kontraktor. Ingat, kemampuan finansial owner berbeda-beda. Tidak elok memaksakan satu standar tinggi kepada owner tanpa melihat kemampuannya, padahal standar tersebut bukan sesuatu yg urgent untuk diterapkan pd konstruksi rumah tinggal (di Jakarta).

**Jika struktur rumah tinggal didesain tahan gempa namun tidak diinformasikan kpd owner (termasuk konsekuensi biayanya) , maka hal tersebut melanggar UU Perlindungan Konsumen sebab, perbedaan nilai/ harga strukturnya cukup signifikan, sementara hal tersebut tidak diwajibkan dalam regulasi IMB.

Jika kalian pernah mengalami hal seperti ini tulisan ini boleh dishare supaya teman, kerabat, dan juga rekan kerja anda mengetahuinya.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan. KLIK DISINI!!! Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung Bertingkat   Perbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAP Contoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di  www.arissaifulloh.com , jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^ 

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu:  Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini  Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja Ringan   Menggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculator dan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini   Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya. Langka

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.