Skip to main content

Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon

www.arissaifulloh.com - Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon, Pernakah kamu mengetahui atau membaca di sebuah majalah atau media kalau bahwsanya jeruk lemon atau jeruk nipis memiliki kandungan yang bisa dijadikan sebagai sumber listrik kecil atau sumber api dengan mengkolaborasikan jeruk lemon tersebut dengan bahan - bahan penghantar listrik yang mudah ditemukan dan dijumpai sehari - hari.


Menyalakan Api dari Jeruk Lemon

Hal ini bisa kamu jadikan sebagai ilmu pengetahuan dan bekal jika kamu survive di alam bebas dengan jeruk lemon yang memiliki kandungan listrik bisa kamu jadikan sumber api yang bisa kamu gunakan untuk memasak atau sekedar menghangatkan tubuh. Walaupun memang di zaman yang modern seperti ini untuk menemukan sumber api sangat mudah, tetapi cara ini bisa kamu lakukan ketika dalam keadaan darurat serta sulit untuk menemukan sumber api.


Menyalakan Api dari Jeruk Lemon yang Mendandung Listrik

Bagaimanakah cara membuatnya ?

Tehnik untuk membuat api dengan jeruk lemon ini pun sangat mudah, kamu hanya tinggal menyiapkan bahan - bahan yang diperlukan dan merangkai bahan tersebut sehingga bisa bekerja dengan baik. Adapun bahan bahan yang digunakan untuk menyalakan api dengan jeruk lemon ini ialah:

Bahan yang dibutuhkan:

  1. -Jeruk Lemon
  2. -6 Buah Clip Tembaga
  3. -6 Buah Paku Seng
  4. -Kabel
  5. -Serabut Baja

Adapun caranya adalah sebagai berikut:


Tekan jeruk lemon secara lembut dengan merata agar kulitnya sedikit lembek.



Tancapkan di jeruk lemon itu 6 buah paku seng. Atur jaraknya sekitar 1 cm tapi berhadap-hadapan dengan clip tembaga yang sudah ditancapkan sebelumnya. Pastikan tidak ada yang saling menempel satu sama lain.



menyalakan api dari jeruk lemon
Sekarang sambungkan clip tembaga dengan paku seng secara diagonal menggunakan kabel yang sudah disediakan tadi. Clip tembaga pertama sambungkan dengan paku seng baris kedua. Dan begitu seterusnya.


menyalakan api

Hubungan antara clip tembaga dan paku seng tadi akan menciptakan reaksi listrik. Sisa paku dan clip yang ada akan disambungkan dengan kabel lagi. Paku seng akan menjadi kutub negatif dan clip tembaga akan menjadi kutub positif.



Setelah selesai, jeruk lemon siap digunakan. Siapkan serabut baja yang telah disisipi tissue toilet di atasnya. Panas yang dihantarkan akan berubah menjadi api. Jeruk lemon tersebut diperkirakan bisa menghasilkan muatan sekitar 5 volt listrik, yang sangat cukup untuk menimbulkan sebuah api. bahkan dengan jumlah volt seperti itu bisa juga kamu gunakan untuk mencharge smartphone kamu, akan tetapi mungkin tidak dapat bertahan lama dikarenakan kandungan yang ada didalam buah lemon tersebut berkurang.


Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan api tersebut sesegera mungkin, entah itu untuk memasak, atau hanya sekedar menghangatkan tubuh, Selain itu cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai pembelajaran arus listrik yang unik dan bisa kamu jadikan sebagai referensi pembelajaran disekolah.

Lalu pertanyaannya bagaimana mungkin jeruk lemon bisa menghasilkan listrik yang mampu menyalakan api? 

Hubungan antara seng dan tembaga akan bereaksi terhadap kandungan asam jeruk lemon. Larutan asam disebut elektrolit, sedangkan seng dan tembaga tadi disebut dengan elektroda.

Demikianlah ulasan artikel kali ini tentang Keren !!! Cara Menyalakan Api dari Jeruk Lemon yang Mendandung Listrik
Jika kamu merasa kesulitan untuk memahami tutorial diatas kamu bisa melihat langsung video cara menyalakan api dengan jeruk lemon dibawah ini: 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Absensi Karyawan Proyek

Infomedia Digital - Absensi karyawan proyek sangatlah penting untuk mengetahui berapa jumlah karyawan proyek pada saat proyek sedang berjalan, serta untuk mengetahui jumlah besaran gaji yang deterima dari setiap, masing – masing karyawan.  Untuk itu saya akan memberikan sebuah file contoh absensi karyawan / pekerja proyek. Silahkan Download file dibawah ini untuk contoh absensi karyawan.
KLIK DISINI!!!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat RAB Gedung BertingkatPerbedaan Rencana Anggaran Biaya RAB dan Rencana Anggaran Pelaksanaan RAPContoh Rencana Anggaran Biaya Gedung Bertingkat Terima kasih atas kunjunganya di www.arissaifulloh.com, jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini yaa ^_^

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android

Infomedia Digital - Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android, dalam menghitung sebuah kontruksi baja ringan diperlukan ketelitian yang sangat detail, karena semua biaya ditentukan dari perhitungan tersebut, dalam menghitung kebutuhan material baja ringan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu: 
Menggunakan cara perhitungan analisa biaya konstruksi, kamu bisa membaca nya disini Cara Menghitung Analisa Biaya Kontruksi Baja RinganMenggunakan Aplikasi Web yang bisa kamu lihat disini Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Web Calculatordan yang terakhir menggunakan hp android yang kamu miliki, dan kamu bisa mendapatkanya disini  Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Baja Ringan dengan Hp Android
dari tiga cara diatas kamu bisa memilih salah satunya yang menurut kamu dengan mudah dipahami, tapi dalam artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kebutuhan baja ringan menggunakan hp android. langsung saja ke tutorialnya.

Langkah pertama
dalam langk…

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photobooth, Perkembangan dunia fotografi dari tahun ke tahun sungguh meningkat drastis, karena semakin banyaknya smartphone dan kamera terbaru yang diluncurkan oleh vendor – vendor perusahaan ternama.