Monday, August 8, 2016

Pentingnya Sebuah Startup Digital dan Teknologi Smart Home Seiring Inovasi Infrastruktur Masa Depan

www.arissaifulloh.com - Pentingnya Sebuah Startup Digital dan Teknologi Smart Home Seiring Inovasi Infrastruktur Masa Depan, Jakarta - 8 Agustus 2016, Perkembangan teknologi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin membaik sehingga memacu untuk menimbulkan inovasi - inovasi terbaru untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah - wilayah seluruh Indonesia. Seperti pembangunan, jembatan, pelabuhan, gedung, rumah, fasilitas perairan, penanggulangan bencana alam. 


Dokumen Pribadi
Bahwasannya di negara Indonesia ini memiliki 34 Provinsi yang semuanya merupakan wilayah kepulauan, setiap wilayah memiliki permasalahan yang hampir sama, terutama untuk wilayah - wilayah pedesaan yang masih belum terjamah dengan akses jalan, listrik, dan internet. Sehingga ini menjadi PR untuk pemerintah, untuk membangun infrastruktur secara merata diseluruh wilayah Indonesia. Disinilah peranan penting Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mengembangkan inovasi teknologi, khususnya dalam bidang infrastruktur. 

Selain itu membangun desa Internet, merupakan solusi untuk mengembangkan suatu wilayah pedesaan dengan memanfaatkan jaringan internet, untuk mempublikasikan potensi - potensi kekayaan pariwisata yang ada disuatu wilayah tersebut sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar, selain itu dengan adanya desa Internet akan tercipta edukasi serta wawasan yang membawa dampak positif bagi masyarakat di wilayah desa tersebut sehingga akan terlahir SDM - SDM yang melek teknologi kemudian dapat bersaing dimasa depan dan membawa nama baik bangsa Indonesia. Meskipun dalam prosesnya harus bekerjasama dengan kementerian komunikasi & informatika.


Ketika sebuah desa internet dibangun, maka akan mempermudah menerapkan inovasi infrastruktur yang sudah dimiliki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), misalnya seperti pengelolaan sumber daya air, flood early warning system, peta potensi gempa untuk perencanaan infrastruktur dan yang tidak kalah penting lagi adalah produk inovasi yang bernama "Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)", RISHA merupakan inovasi rumah layak huni, yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat dengan biaya yang sangat terjangkau dan efesien, proses pemasangannya pun cukup mudah karna RISHA ini menggunakan sistem knock down yang dapat dibongkar pasang dan tahan terhadap goncangan gempa.



Sumber: Facebook RISHA
Smart Home dari Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)
Sumber : Indocomtech.com

Dengan adanya Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) ini Balitbang Kementerian PUPR bisa mengembangkan sebuah konsep rumah yang dibundling dengan teknologi smarthome, Apa itu Smart Home??? merupakan suatu inovasi dimana sang pemilik rumah  dapat mengatur semua bagian di rumahnya dengan menggunakan sistem yang terintegrasi dengan gadget. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para penggunanya dan dapat menghemat konsumsi listrik hingga 30%. Sehingga dengan adanya perpaduan inovasi teknologi dibidang infrastruktur ini akan menjadikan prestasi tersendiri bagi Kementerian PUPR. 


Dan pada saat pembangunanya sumber listrik rumah RISHA ini bisa diterapkan dengan Solar Cell sehingga meskipun sebuah desa yang belum terjangkau listrik pun bisa merasakan listrik solar cell yang telah dibundling dengan teknologi Smart Home dari RISHA, dan dilihat dari kebutuhannya masyakarat pedalamaan akan sangat membutuhkan konsep teknologi seperti ini.


Sumber: tunaswirajaya
Dengan terbentuknya smart home dari RISHA, disinilah peranan Startup Digital  berbasis aplikasi untuk memanajemen segala infrastruktur yang telah dibangun oleh Kementrian PUPR seperti  pengelolaan sumber daya air dan sanitasi, kelistrikan (solar cell),flood early warning system, serta peta informasi gempa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. dan tambahan fitur startup digital dari RISHA yaitu "One button in Live" sebagai tombol berupa layanan yang bisa dimanfaatkan untuk keadaan darurat atau force majure.


Dokumen Pribadi


Jika diambil kesimpulan dari gambar diatas adalah  semua infrastruktur yang dibangun akan selalu berkaitan dengan infrastruktur lainnya, sehingga terbentuk ekosistem yang bermanfaat untuk manusia. Selain itu kemajuan teknologi serta sumber daya manusia yang mumpuni akan memudahkan 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk terus berkembang demi melayani masyarakat dengan sepenuh hati.



Referensi:
http://puskim.pu.go.id/risha-rumah-instan-sederhana-sehat/

Demikianlah penulisan kali ini tentang Pentingnya Sebuah Startup Digital dan Teknologi Smart Home Seiring Inovasi Infrastruktur Masa Depan yang dipersembahkan dalam rangka mengikuti Kompetisi Blogging oleh Balitbang PUPR.
Litbang PUPR