Tuesday, September 27, 2016

Cara Membuat Proyektor Sederhana Menggunakan Smartphone

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Proyektor Sederhana Menggunakan Smartphone, Proyektor merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb.
membuat proyektor
Membuat Proyektor sederhana


Proyektor  biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkan gambar, proyektor mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor LCD berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.

Sejarah proyektor pada awalnya ditemukan di New york oleh Gene Dolgoff, dia bekerja dalam sebuah kampus pada tahun 1968 dan mempunyai misi untuk membuat sebuah proyektor video dengan teknologi LCD yang lebih cerah dibandingkan dengan proyektor yang telah diciptakan sebelumnya. Hingga akhirnya setelah mencoba berbagai bahan, dia menemukan bahan kristal cair untuk mengatur cahaya pada tahun 1971. Ini membawanya sampai tahun 1984 untuk mendapatkan “addressable” dari layar kristal cair (LCD), yang ketika itulah ia membuat proyektor LCD pertama di dunia.

Itulah sedikit pengetahuan dari sejarah proyektor ditemukan, oke kita lanjut pada pembahasan Cara Membuat Proyektor Sederhana Menggunakan Smartphone, untuk membuat proyektor ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan diantaranya adalah

Bahan - bahan
1. Lensa (kaca pembesar)
2. Kardus bekas sepatu atau yang lainnya sesui dengan gambar diatas
3. Lem bakar
4. Cutter
5. Smartphone 


Cara Membuat Sederhana menggunakan smartphone


1. Langkah pertama ialah siapkan kaca pembesar, lepaslah kaca pembesar tersebut dari gagangnya, karena yang akan diambil hanyalah lensanya saja.


Lensa
2. Langkah kedua lubangilah kardus yang sudah disiapkan sebelumnya menggunakan cutter, dengan diameter lubang lebih kecil dari ukuran lensanya.


Lubangi kardus
3. Setelah itu tempelkanlah lensa kaca pembesar tersebut pada kardus yang telah dilubangi menggunakan lem bakar.

4. Buatlah sanggahan untuk smartphone yang akan diletakan didalam kardus, dengan menggunakan potongan kardus.


Sanggahan smartphone untuk proyektor
5. Siapkanlah smatphonemu dan kamu bisa menonton sepuasnya bersama teman - temanmu.

Untuk membuatnya tergolong sangat mudah, karena bahan - bahan yang digunakan mudah sekali dijumpai. jika kamu masih merasa kesulitan untuk membuat proyektor sederhana ini kamu bisa melihat video dibawah ini:



Baca Juga:

Cara Membuat Desain Frame Instagram Untuk Photoboot

No comments:

Post a Comment