Thursday, September 1, 2016

Membangun Pola Pikir Untuk Menjadi Startup Founder - 1000StartupDigital

Mengubah pola pikir merupakan bukanlah hal yang mudah jika tidak diwujudkan dengan kemauan dan tekad yang kuat, karena action lebih penting dibandingkan hanya dengan bermimpi. dan inilah beberapa rangkaian tulisan dalam program ignition Jakarta yang diadakan oleh 1000 Startup Digital Indonesia
Ignition 2 Jakarta Sumber Kominfo


The Startup Journey
Startup dalam sejarahnya merupakan sebutan untuk perusahaan yang baru didirikan, atau dalam fase tahap pengembangan, seperti kita ketahui perkembangan startup dari tahun ke tahun menimbulkan dampak posistif bagi ekonomi yang baik, terutama untuk di negara Indonesia, dan biasanya sebuah startup itu terbangun berawal dari beberapa orang yang saling sharing untuk tukar pengalaman sehingga terwujudlah sebuah ide untuk mengatasi problem solving baik itu permasalahan ekonomi, lingkungan, infrastruktur, masalah pemerintahan, mempermudah sebuah sistem dengan teknologi dan lain - lain, yang kemudian dikembangkan lagi dengan membuat sebuah business model untuk mewujudkan startup itu sendiri. Namun untuk membangun sebuah startup digital itu berbeda dengan startup lainnya, disini kita harus benar - benar memahami komponen utama seperti, Huge Problem, Radical Solution, Breakthrough Technology sehingga startup digital yang terbentuk menjadikan solusi yang besar untuk mengatasi permasalahan yang besar juga.
Think Like a Founder
Menjadi seorang founder sebuah startup merupakan pekerjaan yang tidak mudah, sehingga dibutuhkan tim yang kuat untuk saling berkolaborasi, misalnya ketika seorang founder tidak mampu menjalankan tugasnya dengan sendirian disini diperlukan co-founder sebagai orang yang dapat membantu memanajemen perusahaan, serta mampu meningkatkan semangat tim yang solid, membentuk struktur dalam perusahaan seperti CEO, COO, dan CTO sehingga startup yang dibangun akan mampu berkembang melangkah maju kedepan dan bertahan dengan baik.
Selain tim yang solid, masalah yang dihadapi dalam mengembangkan sebuah startup digital sangatlah beragam, mulai dari masalah keuangan yang dibutuhkan untuk operasional dalam tahap pengembangan, pengujian startup, dan sales. Dan biasanya perusahaan yang baru didirikan membutuhkan financial yang mumpuni sehingga seorang founder harus berpikir mencari solusi untuk mengatasi keuangan tersebut, ketika sebuah ide startup digital yang dikembangkan akan membawa perubahan dan dampak yang besar seorang founder dan co-founder akan lebih mudah mendapatkan fundrising ketika dia mempresentasikan dan menawarkan solusi starup digital yang dikembangkan. Namun ketika ada investment masuk, pekerjaan seorang founder dan tim harus lebih giat lagi dalam mengembangkan inovasi serta penambahan fitur - fitur yang bermanfaat bagi user, supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang sudah didapatkan. dan ciptakanlah sebuah startup yang mengedepankan Problem> Customer > Market > Solution.
Making Social Impact with Technology
Salah satu bentuk dampak sosial dari teknologi yang bisa kita rasakan saat ini ialah, kita menjadi lebih mudah untuk saling berbagi, berkomunikasi, saling mengenal dari beragam startup dan media sosial yang dikembangkan oleh founder - founder ternama. Seperti salah satu contoh startup yang benar - benar membawa dampak sosial bagi penggunanya adalah "Facebook", dengan adanya media sosial yang sukses kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memasarkan startup yang kita bangun dan melakukan engagement kepada stakholder yang mampu memberikan inovasi atau investment untuk kelancaran operasional dalam tahap promotion.
9 Notions of Innovation
Ketika sebuah startup terbentuk dan layak untuk digunakan oleh user, hal yang perlu dilakukan ke tahap selanjutnya adalah menciptakan sebuah inovasi - inovasi baru dari startup yang sudah berjalan, Karna seorang founder dituntut bagaimana mengubah pola pikir kita untuk membangun sebuah startup yang memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, serta menciptakan inovasi jangka panjang sehingga mereka (masyarakat) dapat merasakan manfaat untuk masa depan.
Salah satu contoh yaitu Google merupakan sebuah startup yang saat ini bisa mencapai tingkat produktifitas dan kreatifitas yang baik, karna perusahaan raksasa itu mengedepankan inovasi, adapun pengertian inovasi yang diterapkan oleh Google yaitu ada 9 Gagasan yang menjadi Prinsip Inovasi
1.Inovasi itu penting dalam sebuah perusahaan, dan inovasi itu juga butuh proses, maka dari itu inovasi bisa datang dari mana saja, baik dari lingkungan, teman bergaul, tempat kita bepergian, sehingga ide itu muncul.
2. Ketika membangun sebuah perusahaan janganlah berfokus seperti perusahaan konvensional, fokuslah untuk membangun corporate culture, sehingga culture yang dibangun akan menjadikan habits yang positif dalam perusahaan, ini merupakan strategi inovasi supaya sesama tim dalam perusahaan terjalin dengan baik.
3. Didalam dunia startup persaingan akan selalu tumbuh, untuk itu kita harus berfokus pada user kita, dan selalu mengembangkan produk yang kita miliki, sehingga user pun akan menyukai pada produk yang kita ciptakan.
4. Ingat didalam membangun sebuah perusahaan harus ada visi dan misi dan ciptakanlah misi yang membawa dampak untuk banyak orang, setelah itu bidiklah target sebesar 10x lebih besar, bukan 10%. Kita harus memiliki cita-cita yang besar. sehingga ketika kita tidak bisa mencapai 100% paling tidak kita mendapatkan target 90%.
5. Janganlah ragu dalam meluncurkan produk kita, karna inovasi itu butuh proses, tetaplah luncurkan produk walaupun masih versi alfa maupun beta, dan perlu diketahui pengguna dari awal dari produk kita adalah karyawan dan tim sehingga kita bisa mendapatkan feedback langsung dari karyawan dan tim kita.
Planning
- 2 weeks to plan
- 2 weeks to build
- 2 weeks to test and launch
6. Kemudian mengembangkan inovasi membutuhkan data, data itu penting, jangan menggunakan opini ketika kita mengupulkan data, karna nantinya data itu akan digunakan untuk mengambil kebijakan atau keputusan untuk inovasi.
7. Jalin komunikasi yang baik dengan tim dan berikanlah kesempatan bagi tim untuk mengerjakan proyek diluar waktu pekerjaan, sehingga dari proyek itu bisa mendapatkan ide - ide kreatif dan inovatif yang bermanfaat untuk perusahaan.
8. Salah satu bentuk culture yang yang dibangun ialah, karyawan harus saling membuka diri karna perusahaan yang baik itu saling review 360 derajat sesama karyawannya baik itu CEO, CTO, maupun Manager, sehingga tidak ada batasan dalam menerima kritikan positif yang membangun.
9. Janganlah takut ketika akan mencoba hal - hal yang baru, meskipun akhirnya gagal, karena gagal itu hal yang biasa, dan tetaplah semangat, karena pada saat kita merasakan kegagalan kita akan mendapatkan ilmu yang baru, untuk terus berinovasi.
How to Scale Your Startup
Ketika startup sudah diluncurkan dan membawa dampak yang baik bagi pasar / user, kita harus tetap berusaha mempertahankannya jangan sampai beranggapan startup yang berjalan dengan stabil akan bisa bertahan dengan baik, kita harus melakukan scale up dengan strategi yang sudah ditentukan dengan cara, mengamati data - data dan statistik yang sudah kita dapatkan dari startup / produk yang kita miliki. dengan begitu kita bisa melakukan scale up pada waktu yang tepat.
Jangan terpaku pada zona nyaman yang membuat tim jadi malas untuk berinovasi, ketika ada kompetitor baru jadikan itu untuk pemicu untuk terus berkreasi, karena tantangan yang akan dihadapi masa mendatang akan jauh lebih besar dengan kondisi saat ini.dan terima kasih untuk 1000startupdigital yang telah memberikan banyak wawasan dan ilmu yang bermanfaat.
Salam 1000 inovasi, 1000 solusi, 1000 karya,1 Indonesia Raya.
1000 Startup Digital Indonesia #1000StartupDigital