Wednesday, November 2, 2016

Teknik Menyelamatkan Diri dalam Posisi Bahaya Sengatan Listrik (Electrical Safety Crane Truck Contact)

www.arissaifulloh.com - Teknik Menyelamatkan Diri dalam Posisi Bahaya Sengatan Listrik (Electrical Safety Crane Truck Contact), menurut wikipedia penjelasan tentang listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Adanya listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik seperti gelombang radio.

Menjaga keselamatan diri dalam bekerja merupakan hal yang sangat diutamakan, terlebih lagi tempat / medan bekerja yang dihadapi sangat beresiko dan rawan terhadap ancaman keselamatan diri, di setiap perusahaan biasanya mewajibkan karyawannya untuk selalu menggunakan alat keselamatan bekerja (safety first) yang bertujuan untuk pencegahan terhadap gangguan - gangguan fisik, mental maupun sosial yang diakibatkan oleh faktor pekerjaan maupun lingkungan.




Electrical safety (K3 Listrik)

Dengan melihat dari segi pengoperasian peralatan-peralatan yang pada umumnya menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga (power), maka diperlukan pengetahuan mengenai keamanan listrik (electrical safety) dengan tujuan, yaitu :
1.    Mengetahui karakteristik listrk
2.    Mengetahui manfaat listrik
3.    Mengetahui bahaya listrik
4.    Mengetahui landasan peraturan K3 listrik
5.    Mengetahui prosedur pengawasan K3 listrik

Potensi bahaya listrik biasanya terjadi karna beberapa faktor, diantaranya yaitu:
1.    Arus kejut listrik
2.    Suhu berlebihan
3.   Induksi medan listrik dan medan magnet

Oke itulah sedikit beberapa penjelasan tentang listrik dan keselamatannya, namun sesuai dengan judul diatas, Teknik Menyelamatkan Diri dalam Posisi Bahaya Sengatan Listrik yang saya maksudkan ialah, yaitu bagaimana ketika menyelamatkan diri pada saat mengendalikan crane yang kemudian terkontak langsung dengan kabel listrik bertegangan tinggi (Electrical Safety Crane Truck Contact).

Menurut Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Amerika Serikat hal tersebut bisa di atasi atau dicegah dengan beberapa hal salah satunya ialah dengan memperhatikan lingkungan /area kerja serta melengkapi peralatan keselamatan kerja, untuk lebih detailnya kamu bisa mengakses di link ini https://www.osha.gov/pls/oshaweb/owadisp.show_document?p_table=STANDARDS&p_id=19



Oke untuk lebih jelasnya dibawah ini akan saya lampirkan video salah satu contoh, dari judul yang saya maksudkan diatas.




Sudah pahamkan??? Demikianlah artikel kali ini, tentang Teknik Menyelamatkan Diri dalam Posisi Bahaya Sengatan Listrik (Electrical Safety Crane Truck Contact), atas kunjungannya kami ucapkan terima kasih.