Tuesday, February 7, 2017

Pengertian Tanda Tangan Digital Beserta Fungsinya di dalam Sebuah Transaksi Elektronik

www.arissaifulloh.com - Pengertian Tanda Tangan Digital Beserta Fungsinya di dalam Sebuah Transaksi Elektronik, Dalam dunia digital keamanan dalam sebuah transaksi elektronik merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk melindungi data - data berharga dan meghindari pencurian data dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab, terlebih lagi saat ini teknologi semakin canggih dan mumpuni untuk melakukan segala hal. 
Seminar tanda tangan digital Bandung

Apa itu Tanda Tangan Digital (e-Signature) ?
Tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik yang dienkripsi pada informasi digital seperti pesan email, makro, atau dokumen elektronik. Secara garis besar Tanda Tangan Digital merupakan sebuah skema matematis yang memiliki keunikan dalam mengidentifikasikan seorang (subjek hukum) di dunia digital. Canggihnya, skema tersebut mampu membuktikan validitas dari tanda tangan tersebut secara online (real time). Tanda Tangan Digital digunakan untuk memberikan kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah pada dokumen elektronik dan transaksi elektronik. Seperti yang tercantum pada pasal 11 UU ITE. Adapun Tanda Tangan Digital berbentuk sebuah file dengan format (.P12) yang juga biasa disebut sertifikat digital.

Siapakah Lembaga yang Mengeluarkan Sertifikat Digital ?
CA adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, menandatangani sertifikat untuk memverifikasi validitasnya dan melacak sertifikat yang telah dicabut atau kedaluwarsa. Untuk di Indonesia sendiri ada KOMINFO CA yang membuat dan mengeluarkan sertifikat digital. Untuk membuatnya kamu bisa mengunjungi laman web ini https://sivion.rootca.or.id/. SIVION sendiri merupakan kepanjangan dari "Sistem verifikasi Identitas Online Nasional".

Apa Manfaat Memiliki Tanda Tangan Digital ?
  1. Kita dapat membuat dokumen legal digital, tanpa harus menggunakan kertas lagi
  2. Menjaga isi pesan dari siapapun yang tidak berhak membacanya
  3. Menjamin bahwa pesan masih asli atau belum pernah dimanipulasi selama pengiriman
  4. Mencegah identitas yang berkorespondensi untuk melakukan penyangkalan terhadap pesan yang telah ia kirimkan, hal ini merupakan konsekuensi dari poin pertama dan kedua, apabila data dan identitas pengirim telah dapat diverifikasi, maka pengirim tidak dapat menyangkal telah menandatangani pesan tersebut, hal ini biasanya terdapat pada surat perjanjian
  5. Tanda tangan di file Microsoft Word, Microsoft Excel, or Microsoft PowerPoint, yang diberi stempel waktu oleh server stempel waktu yang aman, di dalam keadaan tertentu, memiliki validitas notarisasi.
Panduan Penggunaan Sertifikat Digital
Jika kamu merasa kesulitan bagaimana cara mendapatkan tanda tangan digital dan penggunaannya silahkan ikuti panduan di bawah ini yang bersumber dari Sivion 
  • Panduan pendaftaran dan download sertifikat
  • Panduan import sertifikat ke dalam Windows / Operating System
  • Panduan pemakaian tanda tangan digital di Aplikasi MS Office
  • Panduan Menggunakan Sertifikat di aplikasi Thunderbird / Email Client
  • Panduan Menggunakan Sertifikat di aplikasi Acrobat Reader DC
  • Download Panduannya di sini https://www.sivion.id/downloads/sivionManual.pdf
Pelatihan Tanda Tangan Digital yang sengaja diadakan oleh Kominfo secara Roadshow di kota - kota besar dan Seminar Tanda Tangan Digital terakhir di laksanakan di kota Bandung tepatnya di The Trans Luxury Hotel, pada 13 Desember 2016. Pada saat saya mengikuti acara tersebut disitu benar - benar disampaikan oleh narasumber dan dari pihak Kominfo bahwasanya penggunaan tanda tangan digital akan menjadi penting pada sebuah transaksi elektronik seperti eGovernment, eBanking, eCommerce, dan eServices lainnya.
Nametag peserta
Demikianlah sedikit informasi yang saya ulas kali ini, tentang Pengertian Tanda Tangan Digital Beserta Fungsinya di dalam Sebuah Transaksi Elektroniksemoga artikel ini bisa bermanfaat.