Sunday, September 3, 2017

Cara Membuat Kuesioner Online dengan Google Formulir

www.arissaifulloh.com - Cara Membuat Kuesioner Online dengan Google Formulir, data adalah kumpulan informasi yang bisa diolah sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan sebuah penelitian yang akan dijadikan sebagai pengambilan keputusan.
 
membuat google formulir dengan mudah
Data di kategorikan dalam dua jenis yaitu data primer dan data sekunder, untuk mengumpulkan data sebagai bahan penelitian ada beberapa cara untuk mendapatkan data tersebut antara lain:
  1. Metode interview atau wawancara dengan pihak yang berhubungan sesuai judul penelitian
  2. Metode Kuesioner
  3. Metode Observasi
  4. Metode mengambil data dari pihak yang kredibel / dipercaya misalnya seperti Badan Pusat Statistik
namun umumnya mahasiswa saat ini lebih banyak menggunakan pengumpulan data untuk bahan penelitiannya menggunakan metode kuesioner, dan saat ini sebagian mahasiswa masih banyak yang melakukan pengumpulan data kuesioner dengan cara menggunakan selebaran kertas yang tiap-tiap orang harus mengisinya. saat ini pun sudah bisa dipermudah dengan layanan dari perusahaan raksasa Google yang bernama "Google Form" atau "Google Formulir" dan ini merupakan layanan yang gratis yang bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga tidak perlu repot - repot mengeluarkan biaya yang banyak untuk fotocopy selebaran kertas kuesioner. 
 
Cara Membuat Kuesioner Online dengan Google Formulir akan saya bahas disini, adapun langkah - langkahnya sebagai berikut:
 
1. Pertama buka lah website layanan google formulir https://www.google.com/intl/id/forms/about/.
 
2. Kedua klik pada bagian "Buka Google Formulir" setelah itu akan nampak laman dengan Google formulir yang belum diberi judul.
membuat google formulir
3. Ketiga berilah judul dan deskripsi formulir sesuai dengan judul penelitian yang sudah kamu rencanakan sebelumnya.
 
4. Keempat  buatlah daftar pertanyaan kuesioner yang sudah kamu siapkan, seperti nama lengkap, jenis kelamin, calon pengisi kuesioner dan di lanjutkan pertanyaan - pertanyaan lainnya.
membuat google formulir penelitian
 
jenis - jenis pertanyaan formulir yang bisa diisi

5. Kelima pada saat kamu membuat formulir ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa diiisi seperti,
- pertanyaan yang dapat dijawab dengan deskripsi singkat
- Pertanyaan yang diisi dengan jawaban panjang / paragraf
- pertanyaan dengan "pilihan ganda"
- pertanyaan yang jawabannya lebih dari satu "kotak centang"
- membuat data yang diminimalisir dengan menu "tarik turun"
- memungkinkan calon pengisi kuesioner untuk mengupload gambar yang kita butuhkan sebagai bahan penelitian "upload file"
- dan lain - lain.

6. Ke enam jika kamu sudah selesai membuat formulir kuesioner tersebut kamu bisa langsung klik "Kirim' pada bagian pojok kanan atas untuk mendapatkan link formulir yang nantinya akan kamu bagikan ke teman - teman untuk mengisi kuesioner tersebut, atau jika kamu memiliki website pribadi form kuesioner ini bisa kamu embeded sehingga bisa tampil di web kamu.
bagikan link formulir kuesioner
7. Ketujuh jika kamu sudah membagikan linknya dan kamu ingin membuka data yang sudah didapat dari teman - teman mu kamu hanya perlu log in kembali ke google kemudian buka alamat web https://www.google.com/intl/id/forms/about/ setelah itu klik formulirnya yang sebelumnya sudah dibuat, dan klik tanggapan untuk melihat hasil data dari pengisi kuesioner tersebut.

Demikianlah sedikit tips  Cara Membuat Kuesioner Online dengan Google Formulir, yang diharapkan memudahkan bagi para mahasiswa dan mahasiswi untuk mendapatkan data penelitian dengan lebih irit dan efesien melalui google formulir ini, Terima kasih. :).