Sunday, December 10, 2017

Bentuk Generasi Muda dengan Gerakan Indonesia Cerdas Bermedia Sosial

Indonesia Cerdas Bermedia Sosial
www.arissaifulloh.com - Bentuk Generasi Muda dengan Gerakan Indonesia Cerdas Bermedia Sosial, Dalam sebuah acara workshop “Indonesia Cerdas Bermedia Sosial” yang di selenggarakan pada 8 Desember 2017 bertempat di Thamrin Nine Ballroom, UOB, Jakarta Pusat,   banyak sekali dibahas tentang ruang lingkup media social yang akhir – akhir ini sudah banyak konten di media sosial yang perlu di filter dengan baik sehingga konten yang di lihat oleh publik bisa lebih bermanfaat serta positif.

“Indonesia Cerdas Bermedia Sosial” merupakan nama untuk sebuah gerakan yang di motori oleh beberapa lembaga, komunitas dan organisasi seperti  Google Indonesia, Maarif Institute, Kominfo, Divisi Humas POLRI, Kemendikbud, SIBER Kreasi, Muda Mudigital, Cameo Project dan bahkan para youtubers yang juga ikut tergabung didalamnya.

Saat ini sudah 10  kota besar di sambangi oleh gerakan “Indonesia Cerdas Bermedia Sosial” dan di setiap kota yang sekolahnya di kunjungi di berikan pengetahuan, pelatihan dalam bentuk workshop untuk di ajari membuat konten positif yang bermanfaat untuk dunia edukasi dan toleransi dalam kehidupan sehingga sampai saat ini sudah 2.000 siswa di seluruh Indonesia tergabung untuk menjadi pelopor pembuat konten kreatif bernuansa positif di dalam dunia Internet.

Namun tidak hanya samapai di situ Gerakan “Indonesia Cerdas Bermedia Sosial” ini juga akan terus dilakukan hingga ke pelosok negeri di Indonesia karena pentingnya literasi digital bagi masyarakat Indonesia.

Gerakan “Indonesia Cerdas Bermedia Sosial” ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman literasi digital dan memerangi konten – konten negatif dalam dunia internet, karena lembaga pemerintahan seperti Kominfo dan Divisi Humas POLRI mengatakan bahwa upaya pencegahan, pemblokiran konten negatif terus dilakukan namun alangkah lebih baiknya lembaga lain juga turut membantu memperkaya konten yang edukatif supaya jumlah konten positif akan lebih banyak di lihat oleh publik.


Karna saat ini kita menghadapi tantangan yang besar yaitu seperti radikalisme terorisme sudah masuk ke gadget kita dalam hal ini kita harus kritis dan transparan  sehingga masalah – masalah tersebut bisa di tangani dengan baik. Dan toleransi keberagaman juga harus dilakukan karena negara Indonesia adalah negara yang besar perlu pemersatuan dengan  sebuah media yang baik seperti YouTube.

Panelist saat acara workshop Indonesia Cerdas Bermedia Sosial Media
Untuk menanggulangi kejahatan cyber dalam dunia digital POLRI beserta jajarannya juga memiliki peran besar Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D sebagai KAPOLRI setelah ia dilantik beliau langsung membuat 3 biro dan direktorat untuk menangani dan memfilter dunia digital 3 biro itu adalah
1. Biro Cyber, melakukan penegekan hukum
2. Biro Keamanan khusus, di dunia Maya
3. Biro Multimedia, melakukan patroli di dunia cyber

Karna POLRI salah satu alat penegak hukum yang tidak bisa bergerak sendirian, perlu adanya bantuan para pelajar, developer aplikasi, serta creator – creator konten digital postif  lainnya.

Itulah sedikit tulisan singkat mengenai Gerakan Indonesia Cerdas Bermedia Sosial, yang akan terus di gaungkan di Indonesia.

Salam Penulis,
Mohammad Aris Saifulloh